Kamis, 19 Januari 2012

Surga Dibalik Tanah Leluhur

http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/408970_2241248289875_1808107891_1443835_1944173671_n.jpg
 
SURGA DIBALIK TANAH LELUHUR


Sungguh sangat menakjubkan alamnya yang begitu
Mempesona seakan-akan menjadikan hidup ini begitu
Bermakna bila mengunjungi wisata alam pucak .
Keindahan  panorama alam sungguh  menentramkan hati
Bagi para pengunjungnya.
Sulawesi selatan  merupakan salah satu daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatwan baik lokal maupun mancanegara. Daerah yang dinahkodai Dr. Syahrul Yasin Limpo saat ini menjadi tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi oleh masyarkat, hal ini dapat dilihat dengan  makin meningkatnya indeks pemasukan  daerah. Salah satu  tempat yang kunjungi adalah wisata pucak yang terletak disebelah selatan kota makassar tepatnya dikabupaten maros. Tempat ini tidaklah sekaliber dengan Permandian Bira, Bantimurung, lekjak dikabupaten Soppeng.  Namun demikian tempat ini tidaklah kalah  bersaing dengan  mereka, sebab didalamnyaya juga memiliki panorama alam tersendiri yang mampu mendiagnotis setiap pengunjung yang pernah  menginjakkan kakinya disana. Bentangan alam yang memanjang dari barat daya ke timur laut dengan luas mencapai kira-kira sepuluh hektar mempunyai banyak vegetasi alam yang hidup di dalamnya seperti penangkaran  hewan, pembiakan tumbuh-tumbuhan, pembiakan ikan dan masih banyak lagi yang lainnya.
POSISI DAN JENIS TRANSPORTASI MENUJU KE DAERAH PUCAK.
Daerah ini merupakan salah satu daerah  yang terletak disudut kota makassar letaknya sangat strategis dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan  roda empat.  Daerah  ini berada dikabupaten Maros kecamatan Tompo Bulu kota makassar. Tempat ini sangat mempesona dan memikat hati para pengunjungnya . Di sana akan banyak ditemukan berbagai vegetasi alam seperti, pinus, jeruk, kelapa dan masih banyak lagi yang lainnya seperti adanya sekumpulan  hewan yang telah disangkarkan  oleh pihak pengelola sehinggga kita dapat berinteraksi secara langsung tanpa ada rasa kekawatiran. Hal ini dimaksudkan agar para pengunjung dapat mengetahui secara langsung tentang bagaimana bentuk, sistem adaptasi yang dilakukan oleh suatu spesies terhadap organisme lain baik secara morfologi maupun fisiologinya. Dengan demikian, manusia sebagai salah satu makhluk primadona yang dicap sebagai makhluk perpanjangan tangan Tuhan dapat memiliki pemahaman yang lebih terhadap konsep alam. Sehingga diharapkan nantinya dapat memiliki kepekaan sosial dalam usaha mempertahankan kelestarian alam yang selama ini mulai punah.  
Bagi anda yang ingin melancong ke tempat wisata yang begitu menakjubkan ini sangatlah  mudah. Jangkauannya sangat strategis, dimulai dari dermaga darat dengan menggunakan  kendaran roda empat dari berbagai arah disudut kota makassar, menyusuri ruas jalan masuk ke tol hingga sampai ke asrama Kostrad  dikariango. Lokasi ini akan nampak dari kejauhan dengan bentangan alam yang eksotik penuh dengan warna pelangi, naynyian burung-burung akan menyambut kedatangan tamu sanga raja tanpa ada perebadan silsilah. Seperti yang kami lakukan  pada saat mengikuti  praktikum  lapangan mahasiswa  Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Alauddin  Makassar  salah satu  mata kuliah  yang mengkaji tentang Ekologi Hewan dan Botani Tumbuhan Tinggi  sangatlah menyenangkan , selain perjalanannya yang mengasikkan  rasa kebersamaan juga dapat memberikan kontribusi dalam  mempererat rasa persaudaraan  sekaligus memperbaiki citrah mahasiswa di tengah masyarakat yang selama ini  identik dengan tindakan anarkisme.  Sebab tak dapat dipungkiri bahwa mata kuliah yang begitu ketat  ditambah dengan tugas-tugas lain yang  juga tak lepas dari  pekerjaan pokok seorang mahasiswa ,  terkadang membuat kita stres seakan-akan hidup ini terbatasi oleh waktu. Akibatnya banyak  diantara kita yang mengalami depresi ( putus harapan ) karena hanya berkutat pada satu bidang yang tak kunjung berakhirnya, merasa suntut, dan yang lebih parah  lagi kalau  mereka sudah  masuk dalam kategori malas. Sehingga untuk mengatasi hal ini diperlukan  adanya relaksasi penyegaran ( refresing ) otak.
SARANA DAN PRASANA
Bagi anda yang ingin ke sini tidak usah mikir,walau tempat ini hanya dihuni oleh sekitar 10 kepala keluarga dengan jumlah penduduk sekitar 30 orang disediakan berbagai fasilitas, baik fasilitas penginapan maupun fasilitas lainnya. Berbagai fasilitas lainnya telah tersedia, seperti danau  tempat pemancingan, cafe, kolam renang, aula tempat penyelenggaraan  rapat dan  rumah batu /kayu yang masih bersifat semi permanen sebagai guest house bagi wisatawan . Yang  jelas keanekargaman  hayati  yang terdapat dalam  lokasi  ini sangatlah ideal bagi mereka yang ingin melakukan camping atau sekedar bersantai sekaligus melakukan pengamatan terhadap koleksi alam yang selama ini menjadi buruan orang. Mulai dari penangkaran biota laut, tumbuh-tumbuhan, jenis hewan  hingga pengunjung akan  bercengkara secara langsung dengan hiruk pikuknya cepakan sayap burung merpati yang banyak  menghiasi dinding-dinding rumah yang terdapat ditempat tersebut. Wisata kuliner juga menyediakan berbagai makanan khas ala makassar semuanya tersedia dengan ramuan yang tradisional dengan harga yang masih terjangkau pula lengkap dengan menu  pilihan.  Walaupun fasilitas yang  disediakan  masih sangat terbatas, bagi kami yang menyenagkan adalah suasana alami yang tergambar di dalamnya. Sikap pengelola yang ramah  menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung  untuk datang ke tempat ini. Kaya dengan  budaya alam,  indah  dengan  untaian permadaninya seakan-akan menjadikan  tempat  ini sebagai surga ditelaga angin mammiri  yang telah terdepak dari tanah bebatuan. Begitulah mungkin ungkapan yang dapat kita gambarkan bagi mereka yang pernah mengunjungi tempat wisata ini. Jadi rugi loh kalo ndak mengunjunginya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar